Sekilas Tentang Desa Karangtengah

Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

Luas 9.3427 km²
Jumlah penduduk 9375 jiwa
Kepadatan 1003 jiwa/km²
Karangtengah adalah desa di kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, yang terletak kurang lebuh 15 kilometer ke arah barat dari ibukota kabupaten banyumas yaitu Purwokerto. memiliki 7 dusun atau RW, yaitu;

1. Karangtengah (RW I)
2. Lebaksiu (RW II)
3. Karanganyar (RW III)
4. Cirongge (RW IV)
5. Menggala (RW V)
6. Karang Nangka (RW VI) dan,
7. Semingkir / Depok (RW VII)

Desa ini mempunyai sebuah kawasan pariwisata yang cukup terkenal yaitu Wanawisata Curug Cipendok. Air terjun (curug) dengan ketinggian kurang lebih 92 meter, langsung di bawah kawasan hutan Gunung Slamet. Terdapat juga Telaga Pucung dan kawasan perkebunan sayur mayur. Selain itu ada sebuah tempat yang tak kalah indah, yaitu “Jembatan & Bendungan Kali Prukut (atau) Pule”, yang menjadi tempat untuk memancing. Ada juga jalan penghubung Karangnangka – Karanggondang sejauh kurang lebih 5 km melewati sawah-sawah penduduk yang hanya bisa dilewati pejalan kaki & kendaraan roda dua. Desa ini mempunyai 2 pasar tradisional untuk menopang perekonomian penduduknya, yaitu pasar Karang Tengah dah Pasar Lebaksiu.

Desa Karang Tengah dilewati jalur kereta api Kroya-Purwokerto-Prupuk-Cirebon yang merupakan jalur selatan yang menghubungkan antara Purwokerto dan Cirebon. Desa ini juga mampunyai sebuah Stasiun kereta api yaitu Stasiun Karangsari yang nantinga akan direncanakan sebagai stasiun satelit untuk membantu Stasiun Raya Purwokerto yang semakin lama semakin padat jumlah penumpangnya.

Be Sociable, Silahkan Sedulur CIBER yang ingin Share!